Langsung ke konten utama

Berkunjung ke Candi Budha Terbesar di Indonesia

Travelista mulai piknik hari ini dengan sarapan soto Bu Pujo yang terletak di lantai 2 los timur pasar Beringharjo. Menu yang Travelista pesan tentu adalah soto daging dan cendol putih. Cukup merogoh kocek Rp 15.000 untuk sepaket menu dengan rasanya yang JUARA !!!

Setelah perut terisi, perjalanan Travelista lanjutkan ke Benteng Vredeburd yang terletak tepat di depan Gedung Agung Jogjakarta. Untuk masuk ke benteng yang dibangun pada tahun 1755 ini, Sobat Piknik cukup membayar Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak – anak.

Tidak lama Travelista berkunjung ke Benteng Vredeburd. Karena tujuan utama Travelista adalah ke salah satu dari tujuh keajaiban dunia versi UNESCO yang ada di Indonesia. Perjalanan Travelista lanjutkan ke halte Ahmad Yani dengan naik trans Jogja trayek 3A transit di halte KH Ahmad Dahlan 1 dan dilanjutkan dengan trans Jogja trayek 2A jurusan terminal Jombor dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Dari terminal Jombor Sobat Piknik dapat naik bus kecil jurusan Borobudur yaitu Cemara Tunggal atau Ragil Kuning dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Sesampainya di terminal Borobudur, Sobat Piknik dapat berjalan kaki sekitar 1,5 km menuju pintu masuk candi Borobudur dengan waktu sekitar 20 - 30 menit. 

Tapi bagi Sobat Piknik yang tidak ingin berjalan kaki sejauh itu, dapat juga naik andong yang mangkal di depan terminal Borobudur. Saran Travelista sih Sobat Piknik berjalan sedikit menyusuri jalan ke arah candi. Nanti dijamin akan disusul oleh kusir andong.

Nah, kalau posisinya sudah begini kan Sobat Piknik ada di atas angin untuk menawar harga dikisaran Rp 10.000 – Rp 15.000 . Kalau dikasih syukur, kalau nggak ya jalan. Hehehe…

Soalnya kalau naik dari terminal, harga yang ditawarkan sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000. Karena sudah menang angin, akhirnya Travelista naik andong Rp 10.000 berempat. Rada kasihan juga sih sama pak kusir. Tapi ya mau gimana lagi ? Dari pada andongnya nggak ada yang nyewa. Simbiosis mutualisme kan !? Hehehe…

Tiba di pintu masuk candi, Travelista membeli tiket masuk untuk empat orang. Harga tiket masuk adalah Rp 30.000 untuk Sobat Piknik nusantara dan $ 20 untuk Sobat Piknik mancanegara. Sebuah harga yang murah untuk menikmati keajaiban dunia yang dibangun sekitar tahun 750 pada masa Wangsa Sailendra dari kerajaan Mataram Kuno ini.

Setelah takjub dengan kemegahan dan keindahan maha karya Borobudur. Saatnya Travelista kembali ke kota Jogja dengan melewati rute yang sama. Tiba di terminal Jombor, Travelista sempatkan makan malam di kedai bakmi Jombor yang merupakan salah satu bakmi jawa legendaris di Jogja.

Cukup banyak menu aneka mie jawa yang ditawarkan di kedai ini. Tentu menu favoritnya adalah bakmi godog dengan suwiran ayam kampung dan teh poci gula batu. Cukup merogoh Rp 20.000 untuk menikmati rasa yang JUARA.

Source : Anishidayah.com

Selesai Makan Pulang. Saatnya Travelista kembali berjalan kaki menuju terminal Jombor untuk naik trans Jogja trayek 2A menuju jalan Malioboro tempat Travelista menginap.


Komentar

ARTIKEL PALING BANYAK DIBACA

Berkunjung ke Kota Seribu Bunga

Dari monumen Yesus memberkati, perjalanan Travelista teruskan menuju kota Tomohon. Topografi yang diapit gunung Lokon dan Mahawu membuat kawasan ini terasa sejuk sehingga tanaman bunga tumbuh subur sehingga Tomohon mendapat julukan kota seribu bunga. Perjalanan Travelista terhenti sejenak di menara Alfa Omega, sebuah ikon baru kota Tomohon yang terletak di pusat kota dan berdampingan dengan gereja tua Sion yang bangun pada tahun 1839.   Dari menara Alfa Omega perjalanan Travelista teruskan menuju danau Linow yang merupakan danau belerang hasil letusan gunung Mahawu yang berstatus aktif. Saat memasuki kawasan wisata danau Linow, Sobat Piknik akan menghirup aroma khas belerang dengan dikenakan tiket masuk Rp 25.000 yang dapat Sobat Piknik tukarkan dengan voucher secangkir teh atau kopi kedai tepi danau. Kata Linow berasal dari Lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air karena daerah ini lebih rendah dibanding daerah sekitarnya. Di sini Sobat Piknik dapat menyak

Berkunjung ke Kota Tiga Satu

Selesai tugas di Pangkalan Bun Kotawaringin Barat, perjalanan Travelista lanjutkan ke Sampit yang ada di Kotawaringin Timur. Karena tugas Trevelista baru selesai di sore hari, maka Travelista memilih moda transportasi bus malam untuk menuju Sampit. Terdapat 3 operator bus kelas executive yang melayani rute Pangkalan Bun – Sampit – Palangkaraya. Sobat Piknik tinggal pilih dengan menyesuaikan waktu keberangkatanya. Kebetulan Travelista memilih PO Agung Mulia dengan jadwal keberangkatan jam 18:00 waktu setempat dari terminal bus Natai Suka. Dengan kondisi bus yang prima perjalanan sejauh 229 km yang ditempuh dalam 4 jam sangat tidak terasa. Ok juga nih bus ! Karena berangkat di malam hari, tentu Travelista tidak dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Hanya bayang pohon sawit dan binar lampu rumah penduduk yang Travelista lihat dalam laju bus yang cukup kencang. Sekitar 4 jam berlalu, akhirnya Travelista sampai di terminal bus Sampit yang terletak di jalan MT Haryono. Na

Ziarah Backpacker ke Masjid Pesisir Jakarta

Berwisata di Jakarta tidak selalu ke pusat keramaian. Masih terdapat opsi wisata religi di Ibukota. Kali ini Travelista putuskan untuk berziarah backpacker ke masjid Luar Batang yang terletak di jalan Luar Batang V Penjaringan Jakarta Utara. Ya semoga saja dengan ziarah backpacker, suatu saat Travelista bisa umroh backpacker. Aamiin. Dari rumah, Travelista naik KRL jurusan Kota lalu berjalan menuju halte busway untuk naik rute 12B jurusan Senen – Pluit. Sobat Piknik naik busway yang menuju Pluit lalu turun di halte busway jalan Murta Baru, tapi bilang saja ke petugas busway on duty bahwa Sobat Piknik mau ke masjid Luar Batang. Nanti Sobat Piknik akan diturunkan di seberang halte Luar Batang karena busway yang menuju Pluit tidak ada halte pemberhentian kecuali halte jalan Murta Baru. Selain naik busway rute rute 12B jurusan Senen – Pluit yang Travelista jelaskan tadi. Sobat Piknik dapat juga naik busway rute 1A jurusan Fresh Market PIK - Balaikota, Sobat Piknik naik busway dari halte Fr