Langsung ke konten utama

Goresan Perjuangan Bangsa di Galeri Nasional

Mengisi weekend kali ini, Travelista mau piknik ke Galeri Nasional Indonesia (Galnas) yang terletak di Konengsplein Cost nomor 4 yang sekarang disebut dengan jalan Medan Merdeka Timur No14 Jakarta Pusat.

Untuk menuju ke Galeri Nasional, Sobat Piknik dapat naik busway rute 2 jurusan Harmoni - Pulogadung, rute 2A jurusan Bunderan Senayan – Pulogadung dan rute 2C Monas – PRJ. Dari semua rute tersebut Sobat Piknik dapat turun di halte Gambir 2 dan diteruskan berjalan kaki sekitar 200 meter ke Galeri Nasional atau Sobat Piknik dapat naik busway rute 6H jurusan Lebak Bulus – Senen turun di halte Gambir 1 dilanjutkan berjalan kaki sekitar 500 meter ke Galeri Nasional atau juga Sobat Piknik yang dari luar kota dapat menggunakan kereta jarak jauh dan menengah, turun di Stasiun Gambir lalu berjalan kaki sekitar 400 meter ke Galeri Nasional.

Yuk, kita menyusuri trotoar sekitar Gambir dan menyebrangi jalan Merdeka Timur untuk menuju Galeri Nasional yang buka setiap hari kecuali hari senin dan hari libur nasional dengan jam operasional dari jam 09:00 – 16.00 WIB.

Memasuki halaman Galeri Nasional, Sobat Piknik akan disambut sebuah patung ruang terbuka penanda baru galeri nasional Indonesia yang diresmikan oleh menteri kebudayaan dan pariwisata Ir Jero Wacik pada 21 mei 2008. 

Dengan design yang khas, membuat patung ini dijadikan icon Galeri Nasional yang selalu setia menanti Sobat Piknik untuk berkunjung ke sini. Selain itu juga terdapat lukisan 3D yang mungkin jarang Sobat Piknik ketahui.

Galeri Nasional menempati gedung yang dibangun oleh G.C Van Rijk pada tahun 1817 dengan material yang diambil dari bekas Kasteel Batavia. Gedung ini juga sempat dijadikan sekolah dan asrama Yayasan Kristen Carpentier Alting Stitching (CAS) pada tahun 1900 - 1955 yang kemudian diambil alih oleh Yayasan Raden Saleh dan diserahkan kepada Depdikbud pada tahun 1962 untuk dijadikan gedung pameran seni rupa Depdikbud pada tahun 1987 hingga saat ini.

Sebelum memasuki ruang pamer Galeri Nasional, Sobat Piknik dapat mengelilingi bagian luar gedung untuk menemukan beberapa spot menarik untuk diabadikan lensa kamera seperti karya mural yang ada ditembok salah satu sudut bangunan galeri.

Puas mencari beberapa spot foto menarik yang ada di halaman Galeri Nasional, kini saatnya Travelista memasuki bangunan galari untuk menikmati karya seni rupa yang disimpan di dalamnya.

Oya Sobat Piknik, untuk masuk ke Galeri Nasional Indonesia ini tidak dikenakan biaya. Tetapi ada beberapa syarat yang harus Sobat Piknik penuhi untuk mendapatkan izin masuk ke dalam galeri yaitu dilarang membawa makan minum, melepas topi, melepas jaket tebal, dilarang berfoto terlalu dekat dengan koleksi geleri dan memfoto menggunakan blitz. Selain itu, terdapat CCTV dipasang di setiap sudut ruang dan patroli Security. 

Hal tersebut dilakukan untuk memproteksi semua koleksi galeri yang ada dari ulah tangan yang tidak bertanggug jawab. Patut kita apresiasi ya Sobat Piknik ! Karena koleksi yang disimpan di sini memiliki nilai seni yang tinggi.

Di galeri nasional terdapat 2 ruang pamer reguler yang dapat Sobat Piknik kunjungi pada jam operasional yang Travelista sebutkan tadi. Ruang pamer pertama atau galeri satu terdapat di sebelah kiri pada saat Sobat Piknik menaiki tangga menuju lantai 2 nanti.

Ruang galeri pertama, menyimpan koleksi seni rupa modern Indonesia dan internasional. Perjalanan seni rupa Indonesia sendiri dimulai sejak jaman prasejarah sekitar tahun 600.000 sebelum masehi dan mulai memasuki era seni rupa modern sekitar tahun 1820an hingga tahun 1970an. Yuks Sobat Piknik, kita susuri setiap sudut yang ada di ruang pamer atau geleri satu ini.

Memasuki ruang pamer pertama yaitu ruang koleksi era akademi seni rupa yang menampilkan beberapa karya populer, salah satunya lukisan cat minyak fathoming cosmos #1 karya I Nyoman Erawan tahun 1958, the flare up of reformasi karya Hening Purnamawati tahun 1960 dan patung solideritas karya Dolorosa Sagala.

Beranjak ke ruang pamer selanjutnya yaitu ruang koleksi era kependudukan jepang, kemerdekaan Indonesia dan era sanggar sekitar tahun 1942 – 1949 yang menampilkan beberapa koleksi lukisan di antaranya wanita menanti karya Sudarso dan istriku karya Dullah.

Beranjak ruang koleksi selanjutnya yaitu mooi indie dan persagi yang memajang karya maestro lukis Basoeki Abdullah dengan judul Merapi gelora yang tak kunjung padam. Serta ruang koleksi maestro lukis Raden Saleh Syarif Bustaman dengan salah satu karya monumentalnya yaitu penangkapan Pangeran Diponegoro.

Dan ruang pamer terakhir adalah ruang koleksi internasional yang menyimpan karya seniman mancanegara seperti Wassily Kand Insky (Rusia), Hans Hartung (Jerman), Victor Vassarely (Hongaria), Sonia Delauney (Ukraina), Pierre Saulages (Parncis), Zao Wou Ki (China) dan karya seniman dari belahan dunia lainnya. Di ruang ini juga menampilkan karya seni rupa dengan judul couple dari seniman asal India G Ravinder Reddy.

Selesai sudah Travelista menikmati koleksi seni rupa di galeri satu. Sekarang Travelista beranjak ke ruang pamer di galeri 2 yang terletak berseberangan dengan geleri 1.

Galeri 2 menyimpan koleksi era gerakan seni rupa baru (GSRB), gerakan ini lahir di tengah situasi politik tanah air yang tidak kondusif yaitu peristiwa malari tahun 1974 yang membatasi kebebasan berkarya di masa itu.

Di ruang pamer GSRB ini Sobat Piknik dapat menikmati koleksi dari beberapa seniman di masa itu seperti the flag of red and white karya Bonyong Munni Ardhi, drawing karya Priyanto Sunarto, pedagang asongan karya Hardi, the general karya I Nyoman Nuarta juga kotak X karya Jim Supangat dan Rangkulan Narsen Afarata.

Di ruang pamer GSRB ini juga menyimpan koleksi seni rupa multimedia karya Hafiz Rancajale. Seniman, Kurator dan pendiri Forum Lenteng dan Ruang Rupa Jakarta.

Dan ruang terakhir yang dapat Sobat Piknik nikmati di galeri ini adalah ruang koleksi seni rupa kontemporer yang memajang karya beberapa seniman seperti the dog eats its found object karya Eddie Hara, gula dan semut karya Iriantine Karnaya, preserve vs exploit karya Anusapati, Anungga Rungga karya Agoes Jolly, born and freedom karya Heri Dono serta kehidupan 1 - 4 karya Marida Nasution.


Keren - keren kan semua koleksi yang ada di Geleri Nasional Indonesia ini ? Tidak ada salahnya Sobat Piknik datang ke sini untuk menikmati karya cipta seniman – seniman Indonesia pada khususnya yang berkarya dan berjuang di setiap jamannya untuk memperoleh kemerdekaan berekspresi dan berpendapat dalam sebuah karya. 

Selesai sudah piknik kali ini. Sampai jumpa di piknik selanjutnya...


Pesan moral :
  1. Pahatan dan goresan mencipta sebuah benda karya yang dibuat merupakan sebuah ekspresi kebebasan. Seperti para seniman yang terus berkarya di jamanya yang tak tunduk dengan keadaan dan tekanan. Mereka terus mengekspresikan kebebasan untuk mencapai arti sebuah kemerdekaan diri, kemerdekaan negeri.
  2. Geleri Nasional adalah contoh sebuah wadah untuk memamerkan dan melestarikan berbagai karya seni rupa. Dengan tetap lestarinya karya seni rupa akan menumbuhkan daya kreatif dan apresiatif masyarakat dalam sebuah peradaban.

Komentar

ARTIKEL PALING BANYAK DIBACA

Melihat Etalase Peradaban Kerajaan Kutai

Dari pulau Kumala, perjalanan Travelista teruskan menuju museum Mulawarman yang terletak di jalan Tepian Pandan kota Tenggarong. Saat menyusuri jalan KH Ahmad Muksin, Sobat Piknik dapat singgah di Creative Park Tenggarong yang berada di tepian sungai Mahakam. Taman yang diresmikan pada tanggal 26 desember 2014 oleh Bupati Rita Widyasari ini menonjolkan sisi seni dan kreatifitas yang bisa Sobat Piknik jadikan tempat piknik alternatif saat berkunjung ke Tenggarong. Melintasi jalan Monumen Timur di Travelitsa berhenti sejenak di kedaton baru kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pertama kali pada tahun 1936 oleh kontraktor Hollandsche Beton Maatschappij Batavia dengan arsiteknya yang bernama Charles Marie Francois Henri Estourgie. Dan direkonstruksi oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2002 sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya Kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia agar tak punah ditelan masa. Dan kini bangunan tersebut difungsik

Berkunjung ke Kota Seribu Bunga

Dari monumen Yesus memberkati, perjalanan Travelista teruskan menuju kota Tomohon. Topografi yang diapit gunung Lokon dan Mahawu membuat kawasan ini terasa sejuk sehingga tanaman bunga tumbuh subur sehingga Tomohon mendapat julukan kota seribu bunga. Perjalanan Travelista terhenti sejenak di menara Alfa Omega, sebuah ikon baru kota Tomohon yang terletak di pusat kota dan berdampingan dengan gereja tua Sion yang bangun pada tahun 1839.   Dari menara Alfa Omega perjalanan Travelista teruskan menuju danau Linow yang merupakan danau belerang hasil letusan gunung Mahawu yang berstatus aktif. Saat memasuki kawasan wisata danau Linow, Sobat Piknik akan menghirup aroma khas belerang dengan dikenakan tiket masuk Rp 25.000 yang dapat Sobat Piknik tukarkan dengan voucher secangkir teh atau kopi kedai tepi danau. Kata Linow berasal dari Lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air karena daerah ini lebih rendah dibanding daerah sekitarnya. Di sini Sobat Piknik dapat menyak

Mengunjungi Etalase Budaya Lampung

Seminggu di kota Bandar Lampung. Diisi kesibukan dengan kerja, kerja dan kerja. Pulang kantor hanya diisi dengan cari kuliner malam ditemani driver ojek online dan nongkrong di tugu Adipura.  Kenapa nongkrong di situ ? Ya, karena kebetulan hotel tempat Travelista menginap ada di sekitar tugu tersebut. Hehehe... Seminggu sudah waktu berlalu, tiket balik ke Jakarta sudah dibooking dengan jadwal penerbangan sore hari. Masih ada sedikit waktu untuk mencari oleh – oleh khas Lampung dan berkunjung ke spot wisata di tengah kota agar tidak terlambat ke bandara.   Yuks, segera bergegas cari oleh - oleh khas. Kalau di Lampung, ya apalagi kalau bukan keripik pisang.  Salah satu sentra penjualan keripik pisang di kota Bandar Lampung terdapat di jalan Pagar Alam Kedaton. Di Sepanjang jalan ini, Sobat Piknik akan dengan mudah menemui kedai penjual keripik pisang yang sudah dibungkus maupun dalam keadaan curah.  Satu hal yang membuat asik belanja di sini adalah Sobat Piknik dapat mencicipi se