Langsung ke konten utama

Melihat Reruntuhan Istana Kesultanan Banten

Piknik kali ini Travelista berkesempatan mengajak orang tua ke kawasan Banten Lama. Namun piknik kali ini rencananya dapat ditempuh dalam 12 jam PP. 

Berangkat dari rumah jam 7 sampai rumah jam 7 pula. Bisa nggak yah ? Ya coba saja dulu. Perjalanan dimulai dari halte rumah sakit Harapan Kita, Travelista naik bus jurusan Merak dari sini. 

Kenapa pilih naik dari rumah sakit Harapan Kita ? Karena dari sini bus langsung masuk tol Tomang sehingga Sobat Piknik terhindar dari bus yang ngetem.

source : magicaelly.com

Waktu tempuh dari rumah sakit Harapan Kita ke terminal Pakupatan adalah sekitar 2 jam. Dari terminal ini Sobat Piknik dapat naik angkot jurusan terminal Pakupatan – pasar Rau yang ditempuh sekitar 25 menit dengan ongkos Rp 4.000. Dari pasar Rau Travelista diarahkan oleh sopir angkot untuk naik angkot yang sedang ngetem.

Setelah ngobrol dengan sopir angkot, ternyata angkot yang Travelista naiki bukanlah trayek ke masjid Agung. Menurutnya, walaupun angkot di kota Serang sudah ditentukan trayeknya, namun karena sepinya penumpang maka angkot bisa melayani trayek ke mana saja tergantung permintaan calon penumpang.

Dalam hati, Travelista bertanya kok bisa ? Kan ini ibukota Provinsi, di pulau Jawa pula ! Ternyata berdasarkan sensus penduduk terakhir di tahun 2010 yang ditampilkan dalam situs BPS kota Serang. Jumlah penduduk Kota serang 576.961 jiwa. Pantas angkotnya bisa “over trayek”.

Sepanjang perjalanan menuju masjid Agung Banten, Sobat Piknik akan sering berpapasan dengan bus besar dari berbagai daerah di Indonesia. Rasanya cuma Travelista saja yang naik angkot ke masjid Agung Banten. Hehehe… 

Dalam perjalanan, angkot 2 kali isi bensin ecaran masing - masing 2 liter. Kasihan juga pak sopir, mungkin karena kurang perhitungan atau kurang modal bisa 2 kali ngecer bensin. Hehehe…

Di tengah perjalanan menuju masjid Agung Banten, Sobat Piknik bisa berziarah ke makam Sultan Maulana Yusuf, yang juga sering di ziarahi oleh Sobat Piknik dari berbagai daerah. Di sebelah kiri jalan sudah terlihat reruntuhan tembok Keraton Kaibon, nampaknya Masjid Agung sudah semakin dekat.
 
source : www.bayupapz.com

Jarak tempuh dari pasar Rau ke masjid Agung Banten adalah sekitar 30 menit. Awalnya Travelista mau diturunkan di jalan akses menuju kawasan Masjid Agung. Tapi pak sopir menawarkan untuk mengantar sampai ke dalam kawasan Masjid Agung. Karena menurut google map masih 1 km, tentunya Travelista mengiyakan tawaran baik ini. 

Awalnya Travelista kasih ongkos Rp 20.000 untuk 3 orang. Ternyata Pak Sopir minta tambah Rp 10.000 lagi. Ya, sudahlah nambah Rp 3.000 perorang dari pada jalan 1 km. Hehehe…

Turun dari angkot Travelista bergegas menuju masjid Agung untuk berziarah ke makam Sultan Maulana Hasanuddin dilanjutkan dengan sholat Dzuhur berjamaah.

Selesai sholat, itinerary selanjutnya adalah makan siang. Sobat Piknik dapat membawa makan dari rumah atau membeli makan di sekitar masjid Agung. 

Setelah makan siang, perjalanan Travelista teruskan untuk mengunjungi museum Kepurbakalaan Banten Lama. Jam operasional museum ini adalah selasa – minggu jam 09:00 – 16:00 harga tiket masuk Rp 2.000 perorang.

Saat masuk ke dalam museum, Travelista cukup kaget. Kok, hanya segini benda koleksinya ? Padahal setau Travelista peninggalan purbakala Banten Lama itu banyak sekali. Ah, mungkin banyak artefak yang belum dilakukan penggalian dan pajang di ruang museum ini. Hmmm gitu aja deh anggapannya #positifthinking.

Dari museum Kepurbakalaan Banten Lama, Travelista bergegas ke Keraton Surosowan yang ada di seberang museum ini. Keraton Surosowan dibangun pada tahun 1522 - 1526 dan dihancurkan oleh Deandles pada tahun 1808.

Reruntuhannya saja segini luasnya. Apalagi kalau Keraton ini masih dalam keadaan utuh pada masanya. Megah betul pastinya ! 

Sebenarnya di kawasan ini masih banyak spot yang bisa Sobat Piknik kunjungi di antaranya adalah benteng Speelwijk, vihara Avalolitesvara, masjid Pecinan Tinggi dan Keraton Kaibon. Tapi karena Travelista bermaksud pulang naik kereta, jadi spot – spot tersebut tidak bisa Travelista kunjungi saat ini. Semoga bisa Travelista ulas di artikel blog selanjutnya.

Dari Keraton Surosowan masih ada waktu sedikit untuk belanja oleh - oleh yang dijajakan di kawasan masjid Agung ini. Belanja kilat dengan semboyan lihat, ambil, tawar, bayar. Nah waktu berbelanja oleh - oleh ini yang biasanya paling susah diatur waktunya. Apalagi kalau ibu - ibu yang belanja. Hmmm... Harus sering - sering deh mengingatkan soal waktu yang tersisa. Hehehe...

Waktu sudah menunjukkan jam 14:25, sedangkan jadwal kereta adalah jam 14:43. Travelista langsung naik angkot yang ada di depan museum Kepurbakalaan Banten Lama untuk menuju stasiun Karangantu yang berjarak sekitar 800 meter dengan ongkos Rp 4.000 perorang.   

Sampai stasiun, sudah cukup ramai dengan calon penumpang menunggu kereta. Maklum kereta adalah transportasi favorit menuju banten lama karena dengan ongkos Rp 8.000 Sobat Piknik bisa sudah sampai Jakarta. Jika dibandingkan dengan bus yang ongkosnya Rp 28.000. Lumayan kan bedanya ?! Hehehe…


Tiba di stasiun Duri sudah jam 18:20, belum lagi sholat maghrib dan perjalanan menuju rumah masih butuh waktu sekitar 50 menit. Wah sudah melewati waktu misi piknik kali ini. Tapi ya sudahlah namanya juga piknik jangan dibawa serius. Hehehe…

Selesai sudah piknik kali ini. Sampai jumpa di piknik selanjutnya...


Pesan moral :
Banten lama menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Tapi sayang masih belum dikelola dengan maksimal dan kurang terawat jika dibandingkan dengan daerah lain yang mengandalkan cagar benda purbakala sebagai daya tarik wisata utama. Hal ini dapat terlihat dari kesiapan sarana pendukung seperti kepastian rute angkot, kebersihan mulai dari sampah yang berserakan hingga aksi vandalisme di benda cagar budaya serta lokasi pedagang yang kurang tertata. Semoga semua pihak yang berwenang dapat mendayagunakan semua potensi yang ada agar kita semua dapat merasakan keagungan dan kekhusyukan saat berada di tempat yang bersejarah ini.    

Komentar

Posting Komentar

ARTIKEL PALING BANYAK DIBACA

Melihat Etalase Peradaban Kerajaan Kutai

Dari pulau Kumala, perjalanan Travelista teruskan menuju museum Mulawarman yang terletak di jalan Tepian Pandan kota Tenggarong. Saat menyusuri jalan KH Ahmad Muksin, Sobat Piknik dapat singgah di Creative Park Tenggarong yang berada di tepian sungai Mahakam. Taman yang diresmikan pada tanggal 26 desember 2014 oleh Bupati Rita Widyasari ini menonjolkan sisi seni dan kreatifitas yang bisa Sobat Piknik jadikan tempat piknik alternatif saat berkunjung ke Tenggarong. Melintasi jalan Monumen Timur di Travelitsa berhenti sejenak di kedaton baru kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pertama kali pada tahun 1936 oleh kontraktor Hollandsche Beton Maatschappij Batavia dengan arsiteknya yang bernama Charles Marie Francois Henri Estourgie. Dan direkonstruksi oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2002 sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya Kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia agar tak punah ditelan masa. Dan kini bangunan tersebut difungsik

Berkunjung ke Kota Seribu Bunga

Dari monumen Yesus memberkati, perjalanan Travelista teruskan menuju kota Tomohon. Topografi yang diapit gunung Lokon dan Mahawu membuat kawasan ini terasa sejuk sehingga tanaman bunga tumbuh subur sehingga Tomohon mendapat julukan kota seribu bunga. Perjalanan Travelista terhenti sejenak di menara Alfa Omega, sebuah ikon baru kota Tomohon yang terletak di pusat kota dan berdampingan dengan gereja tua Sion yang bangun pada tahun 1839.   Dari menara Alfa Omega perjalanan Travelista teruskan menuju danau Linow yang merupakan danau belerang hasil letusan gunung Mahawu yang berstatus aktif. Saat memasuki kawasan wisata danau Linow, Sobat Piknik akan menghirup aroma khas belerang dengan dikenakan tiket masuk Rp 25.000 yang dapat Sobat Piknik tukarkan dengan voucher secangkir teh atau kopi kedai tepi danau. Kata Linow berasal dari Lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air karena daerah ini lebih rendah dibanding daerah sekitarnya. Di sini Sobat Piknik dapat menyak

Mengunjungi Etalase Budaya Lampung

Seminggu di kota Bandar Lampung. Diisi kesibukan dengan kerja, kerja dan kerja. Pulang kantor hanya diisi dengan cari kuliner malam ditemani driver ojek online dan nongkrong di tugu Adipura.  Kenapa nongkrong di situ ? Ya, karena kebetulan hotel tempat Travelista menginap ada di sekitar tugu tersebut. Hehehe... Seminggu sudah waktu berlalu, tiket balik ke Jakarta sudah dibooking dengan jadwal penerbangan sore hari. Masih ada sedikit waktu untuk mencari oleh – oleh khas Lampung dan berkunjung ke spot wisata di tengah kota agar tidak terlambat ke bandara.   Yuks, segera bergegas cari oleh - oleh khas. Kalau di Lampung, ya apalagi kalau bukan keripik pisang.  Salah satu sentra penjualan keripik pisang di kota Bandar Lampung terdapat di jalan Pagar Alam Kedaton. Di Sepanjang jalan ini, Sobat Piknik akan dengan mudah menemui kedai penjual keripik pisang yang sudah dibungkus maupun dalam keadaan curah.  Satu hal yang membuat asik belanja di sini adalah Sobat Piknik dapat mencicipi se