Langsung ke konten utama

Kayangan Para Dewa

Setelah sarapan di homestay, piknik di Dieng Travelista lanjutkan ke komplek candi Arjuna. Untuk masuk ke sini, Sobat Piknik tak perlu membayar tiket karena telah membeli tiket terusan kawah Sikidang. Sobat Piknik cukup menunjukkan tiket tersebut ke petugas jaga.

Komplek candi Arjuna merupakan candi tertua di pulau Jawa. Komplek candi yang berdiri di sebuah lembah ini merupakan peninggalan peradaban hindu di dataran tinggi Dieng dan merupakan tempat dilangsungkan ritual pemotongan rambut anak gimbal Dieng.

Berdasarkan catatan prasasti, pembangunan candi di Dieng berlangsung sekitar abad VIII - XII masehi. Candi – candi di sini merupakan hasil alkuturasi budaya India dan Jawa. Di sini Sobat Piknik dapat melihat perbedaan fungsi pemujaan candi.

Jika di India, candi adalah tempat pemujaan Dewa sedangkan candi di Jawa adalah tempat pemujaan leluhur yang merupakan titisan Dewa. Hal ini dapat Sobat Piknik lihat pada candi Arjuna dan Bima yang masih banyak terdapat unsur budaya India sedangkan candi yang lain berkembang dengan gaya lokal.

Oya Sobat Piknik, nama candi Arjuna, Semar, Srikandi, Puntadewa, Sembadra, Gatot Kaca, Dwarawati dan Bima adalah nama yang diberikan masyarakat sekitar. Sedangkan nama asli candi pada masa kejayaannya, hingga kini masih belum diketahui. Hmmm... Semoga para arkeolog dapat segera memecahkan misteri tersebut ya Sobat Piknik.

Di sini juga terdapat komplek Dharmasala yaitu pendopo umat Hindu untuk merapikan pakaian sebelum ke candi tempat persembahyangan. Diduga komplek ini adalah balai untuk belajar agama Hindu, hal ini terlihat pada tumpukan atau susunan batu dan juga terdapat sumber air suci yaitu sendang Sedayu dan sendang Maerokoco yang konon sudah ada sebelum komplek candi Arjuna dibangun. 

Perlu Sobat Piknik ketahui bahwa sendang merupakan sumber air suci yang sudah digunakan sejak masyarakat Dieng menganut kepercayaan Kapitayan, sebuah kepercayaan leluhur penduduk pulau Jawa sebelum ada agama Hindu dan agama lainnya. Dari Sendang Sedayu inilah air suci yang digunakan dalam acara ritual pemotongan rambut gimbal anak Dieng di komplek candi Arjuna berasal.

Beranjak ke komplek candi, Sobat Piknik dapat mengunjungi deretan candi seperti candi Semar, candi Srikandi, candi Punta Dewa dan candi Sembadra. Walau beberapa bagian candi masih dalam tahapan rekontruksi, tapi tidak mengurangi daya magis salah satu komplek candi tertua di Indonesia ini.

Di komplek candi Arjuna ini juga terdapat sebuah gedung bersejarah yang dinamakan pendopo Soeharto Withlam. Ini adalah tempat peristirahatan pribadi presiden Soeharto yang menjadi saksi sejarah pertemuan presiden Soeharto dengan perdana menteri Austraila Gough Withlam guna membahas situasi yang terjadi di negara koloni Portugal di Indonesia yaitu Timor Timur pada tanggal 7 september 1974 yang kemudian menjadi propinsi ke 27 Republik Indonesia sebelum akhirnya resmi memisahkan diri pada 20 mei 2002 sebagai negara Timor Leste.

Oya Sobat Piknik, tak jauh dari komplek candi Arjuna terdapat museum Kailasa yang menyimpan artefak arkeologi, geologi, flora, fauna dan antropologi Masyarakat Dieng yang sayang untuk Sobat Piknik lewatkan. 

Dari komplek candi Arjuna, perjalanan Travelista lanjutkan untuk berendam di pemandian air panas D’Qiano Waterpark yang terletak di Krajan Kepakisan Banjarnegara.

Pemandangan indah tersuguh saat Sobat Piknik menuju ke D’Qiano Waterpark. Lengkungan lembah, gunung serta PLTU yang memanfaatkan uap panas kawah Sileri yang merupakan kawah teraktif di dataran tinggi Dieng dapat Sobat Piknik lihat sepanjang jalan.

Untuk menikmati sensasi mandi air panas di tengah dinginnya udara Dieng. Sobat Piknik akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 25.000 perorang. Air panas di D’Qiano Waterpark ini berasal dari kawah Sileri yang berada di atasnya.

Nama kawah Sileri itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu leri atau air bekas cucian beras sebelum dimasak yang berwarna putih keruh. Makanya Sobat Piknik jangan heran jika air D’Qiano Waterpark tidak sebening waterpark di kota lainnya. Hehehe...

Setelah badan terasa segar, piknik Travelista teruskan ke telaga Menjer yang terletak di desa Maron, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Perjalanan menuju telaga Menjer tak kalah serunya dengan perjalanan menuju D’Qiano Waterpark. Sepanjang perjalanan yang berkelok – kelok menuju telaga Menjer, Sobat Piknik akan melewati permukiman penduduk, perkebunan teh Tambi dan kebun tembakau milik warga.

Untuk masuk ke kawasan telaga Menjer, Sobat Piknik akan dikenakan tiket masuk Rp 5.000 perorang. Di telaga ini, Sobat Piknik dapat naik perahu untuk berkeliling telaga Rp 15.000 perorang. Atau Sobat Piknik dapat menyewa satu perahu untuk rombongan. Tapi harus jago nawar agar dapat harga borongan harga lebih murah dari harga normal perorang ! Hehehe…

Tak kalah dengan legenda pangeran Kidang di kawah Sikidang, telaga Menjer pun memiliki sebuah legenda yang cukup menarik untuk Sobat Piknik ketahui. Dikisahkan pada jaman dahulu kala ada dua orang gadis yang sedang mengumpulkan bahan makanan di ladang. 

Tiba - tiba muncul seekor kepiting raksasa. Kedua gadis ini pun sangat takjub melihat kepiting tersebut. Hingga akhirnya mereka lupa akan nasehat orang tua yang berpesan jika nanti melihat sesuatu hal yang aneh atau janggal segera pergi dan pulang ke rumah.

Namun, salah seorang gadis mendekati dan mengusap kepiting tersebut. Saat sedang mengusap bagian punggung kepiting, tiba - tiba kepiting lenyap dan tempat mereka berdiri berubah menjadi sebuah lubang besar dan semakin dalam hingga akhirnya menelan kedua gadis tersebut. Dan lubang seluas 70 hektar tersebut kemudian dinamakan telaga Menjer.

Mengitari telaga berair hijau tak beriak, menembus kabut tipis disertai kepungan suara serangga di gugusan bukit hijau menjulang. Merupakan sensasi yang patut Sobat Piknik coba saat berkunjung ke telaga ini. Dunia serasa milik kita saja. Hehehe...

Episode piknik di dataran tinggi Dieng pun selesai. Dan di akhir piknik kali ini, tak lupa Travelista beli oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Oleh – oleh khas Dieng adalah kentang, aneka olahan carica, kopi, mie ongklok instan dan yang pasti purwaceng untuk istri tercinta. Hehehe…



Selesai sudah piknik kali ini. Sampai jumpa di piknik selanjutnya...


Pesan moral :
  1. Belajar dari legenda putri Dewi Shinta dan pangeran Sikidang, mengajarkan kita bahwa mengukur kebahagiaan bukanlah dengan materi semata. Ukuran kebahagian adalah di mana kita dapat memberi atau menerima segala sesuatu dengan penuh keikhlasan.
  2. Belajar dari legenda telaga Menjer, mengajarkan kita untuk berpegang teguh pada sebuah amanat dan jangan pernah menganggap remeh nasihat orang tua yang pasti terkandung maksud baik di dalamnya.
  3. Tuhan ciptakan Dieng dengan segudang potensi dan keunikannya. Sumber daya alam dan sumber daya budaya merupakan perpaduan keunikan khas yang tidak dimiliki wilayah lain. Tanaman carica, purwaceng dan anak gimbal contohnya. Hampir tidak akan Sobat Piknik temukan di wilayah lain. Namun segala potensi yang dimiliki belum dikemas dengan lebih baik. Hal ini ditandai tiket masuk kawasan yang belum terintegrasi membuat banyak Sobat Piknik kebingungan. Setiap kawasan dikenai tiket masuk dengan variasi Rp 10.000 – 15.000. Belum lagi hampir seluruh photo booth dikenakan biaya serba 5.000 perorang yang nampak dikelola secara pribadi. Travelista berharap hal itu semua dapat diakomodir oleh para stakeholder kawasan Dieng agar segala kebutuhan Sobat Piknik yang datang dapat lebih nyaman. #sekedarsaran #untukkemajuanwisatadieng #visitdieng #visitjateng

Komentar

ARTIKEL PALING BANYAK DIBACA

Berziarah ke Makam Sunan Ampel

Mengisi weekend saat tugas di kota Sidoarjo. Kira – kira mau ke mana yah Travelista ? Explore tempat wisata kota Sidoarjo atau kota Surabaya ??? Setelah merenung sekejap, terpilihlah kota Surabaya sebagai tujuan piknik hari ini.  Tujuan utamanya adalah kawasan wisata religi Sunan Ampel. Pikir Travelista, yang dari jauh saja nyempetin berziarah ke makam Wali Songo. Masa, Travelista yang sudah ada di kota tetangga tidak berkeinginan berziarah ke makam Wali Allah tersebut ???   Tujuan sudah ditentukan, tinggal memikirkan bagaimana cara untuk mencapai ke sana dengan cara yang hemat ? Setelah cek tarif ojek online, ternyata jarak dari hotel tepat Travelista menginap ke makam Sunan Ampel lebih dari 25 km. Melebihi batas maksimal jarak tempuh dari ojek online roda dua. Selain jarak, tentu tarif juga jadi pertimbangan Travelista dalam setiap piknik. Hehehe…   Kebetulan sudah hampir seminggu Travelista tinggal di kota lobster. Beberapa kali Travelista lihat ada bus Trans Sidoarjo yang lal

Ziarah Backpacker ke Masjid Pesisir Jakarta

Berwisata di Jakarta tidak selalu ke pusat keramaian. Masih terdapat opsi wisata religi di Ibukota. Kali ini Travelista putuskan untuk berziarah backpacker ke masjid Luar Batang yang terletak di jalan Luar Batang V Penjaringan Jakarta Utara. Ya semoga saja dengan ziarah backpacker, suatu saat Travelista bisa umroh backpacker. Aamiin. Dari rumah, Travelista naik KRL jurusan Kota lalu berjalan menuju halte busway untuk naik rute 12B jurusan Senen – Pluit. Sobat Piknik naik busway yang menuju Pluit lalu turun di halte busway jalan Murta Baru, tapi bilang saja ke petugas busway on duty bahwa Sobat Piknik mau ke masjid Luar Batang. Nanti Sobat Piknik akan diturunkan di seberang halte Luar Batang karena busway yang menuju Pluit tidak ada halte pemberhentian kecuali halte jalan Murta Baru. Selain naik busway rute rute 12B jurusan Senen – Pluit yang Travelista jelaskan tadi. Sobat Piknik dapat juga naik busway rute 1A jurusan Fresh Market PIK - Balaikota, Sobat Piknik naik busway dari halte Fr

Mengunjungi Etalase Budaya Lampung

Seminggu di kota Bandar Lampung. Diisi kesibukan dengan kerja, kerja dan kerja. Pulang kantor hanya diisi dengan cari kuliner malam ditemani driver ojek online dan nongkrong di tugu Adipura.  Kenapa nongkrong di situ ? Ya, karena kebetulan hotel tempat Travelista menginap ada di sekitar tugu tersebut. Hehehe... Seminggu sudah waktu berlalu, tiket balik ke Jakarta sudah dibooking dengan jadwal penerbangan sore hari. Masih ada sedikit waktu untuk mencari oleh – oleh khas Lampung dan berkunjung ke spot wisata di tengah kota agar tidak terlambat ke bandara.   Yuks, segera bergegas cari oleh - oleh khas. Kalau di Lampung, ya apalagi kalau bukan keripik pisang.  Salah satu sentra penjualan keripik pisang di kota Bandar Lampung terdapat di jalan Pagar Alam Kedaton. Di Sepanjang jalan ini, Sobat Piknik akan dengan mudah menemui kedai penjual keripik pisang yang sudah dibungkus maupun dalam keadaan curah.  Satu hal yang membuat asik belanja di sini adalah Sobat Piknik dapat mencicipi se